Tuesday, October 10, 2023

Cara Paling Ampuh Mengatasi Error Youtube "Terjadi Kesalahan coba lagi nanti pelajari lebih lanjut"

Kicauan Wong Cilik - Kadang kala ketika kita sedang asik-asik menonton video di Youtube entah itu di PC atau di gadget Android atau IOS kesayangan, tiba-tiba muncul pesan error yang tidak kita mengerti. Misalnya Terjadi kesalahan, coba lagi nanti. Pelajari lebih lanjut atau Terjadi kesalahan ketika melakukan operasi ini id pemutaran atau An error occurred please try again later. Apapun itu pesan errornya selama kata kunci awalnya Terjadi kesalahan maka itu berarti beberapa hal yang akan saya jelaskan sekaligus beberapa solusinya seperti berikut ini.


Penyebab Terjadi Error ketika memutar video di Youtube



1. Koneksi Internet Lambat.

Jika tiba-tiba terjadi error ketika sedang asik menonton, hal pertama yang harus anda cek yaitu koneksi internet anda. Walaupun Youtube otomatis me-load  beberapa frame diatas frame yang sedang diputar, tetapi jika konektivitas internet anda lambat maka proses load akan lambat juga, biasa sebelum muncul pesan error video akan melakukan buffering, tetapi setelah kecepatan koneksi internet anda benar-benar sudah tidak cukup untuk memuat video maka pemutar video akan berhenti dan muncul-lah pesan error tersebut.

2. Video sedang diedit oleh pemilik.

Karena di Youtube ada fitur yang bernama Editor Video, fitur ini memungkinkan pemilik video melakukan editing secara langsung melalui Youtube. Jika pemilik sedang melakukan pengeditan terhadap video yang sedang anda tonton hal ini memungkinkan terjadi error tersebut. Karena aktivitas editing setiap orang itu berbeda-beda, misalnya ketika terjadi kesalahan saat editing akan berpengaruh terhadap video asli yang sudah di-publish.

3. Video sedang dibuang atau dihapus oleh pemilik.

Jika pemilik video menghapus atau merubah video yang anda tonton menjadi video pribadi maka video tersebut tidak bisa ditonton lagi oleh anda. Sekalipun ketika anda sedang menonton video tersebut jika dalam waktu yang sama pemilik menghapus video tersebut maka muncul-lah pesan error. Kecuali, jika pemutar video telah melakukan load penuh dari frame 0 sampai akhir artinya video bisa diputar sampai akhir asal anda tidak me-refresh halaman.

4. Masalah Internal Youtube.

 Hal ini mungkin saja terjadi apabila Youtube sendiri-lah yang mengalami gangguan sistem, bisa disebabkan oleh pengembangan, perbaikan, kerusakan atau serangan dari peretas (hackers). 


Solusi Paling Ampuh mengatasi Terjadi Error ketika memutar video di Youtube



1. Periksa Koneksi Internet

Mungkin saja internet anda sedang mengalami gangguan atau terputus sama sekali. Silahkan cek pada bagian konektivitas jika anda menggunakan modem atau data (untuk smartphone). Jika anda menggunakan wifi pastikan sinyal wifi sedang dalam keadaan bagus dan yang paling penting adalah memiliki Internet Access atau Akses Internet, artinya status koneksi tidak no network access, limited, menyambungkan atau identifying. 

Kalau anda merasa koneksi internet sudah cukup baik, silahkan refresh atau muat ulang halaman dengan menekan tombol F5 pada keyboard PC atau menekan tombol reload pada browser di PC atau Smartphone.


2. Ubah Kualitas Video

Ubah kualitas video menjadi lebih rendah, misalnya dari 720p menjadi 480p, 480p menjadi 360p, 240p atau 144p. Selain dapat mempercepat proses buffering, cara ini juga dapat membantu anda untuk dapat tetap menonton video jika pemilik video sedang melakukan editing atau sedang menghapus video tersebut. Alasannya karena Youtube menempatkan setiap video dengan kualitas yang berbeda di server yang berbeda pula, ketika pemilik sedang melakukan editing video di server A maka video yang berada di server B tidak akan ikut ter-edit sampa pemilik video menyelesaikan proses editing.

3. Tutup Tab Lain Yang Sedang Membuka Video Youtube

Jika anda sedang menonton video lain pada tab yang berbeda, saya sarankan untuk menutup tab tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban internet anda yang akan berpengaruh pada kecepatan buffering video. Jika sudah ditutup silahkan refresh halaman.

4. Tunggu 20 Menit Lalu Refresh Kembali Video

Mungkin pemilik video sedang mengedit video atau Youtube sedang mengalamai gangguan. Jika anda memang senang dengan video tersebut, silahkan tunggu sekitar 20 menit lalu refresh kembali halaman.

Sudah melakukan cara diatas tetapi masih terjadi Error, bahkan sering?


1. Update Aplikasi Youtube di Playstore atau App Store

Jika masih terjadi error atau sering mengalami error, kemungkinan masalah ini berasal dari App Youtube yang dipasang di gadget anda. Jika App telah usang, besar kemungkinan App tidak dapat berjalan dengan baik karena pengembangan dari sistem Youtube. Saya sarankan anda untuk rutin melakukan update App di Play Store atau App Store.

2. Update Browser ke Versi Terbaru

Bagi anda pengguna PC baik itu Windows atau Linux, sebaiknya anda juga memperhatikan versi browser yang anda gunakan untuk memutar video Youtube. Karena browser yang usang juga memiliki kemungkinan besar tidak dapat memutar video Youtube dengan baik. Seperti yang saya katakan, bahwa Youtube selalu meningkatkan fitur yang kadang kala mengharuskan pengguna untuk mengupdate perangkat lunak agar dapat tetap lancar menggunakan Youtube.


Baiklah, seperti itu Cara Paling Ampuh Mengatasi Error Youtube "Terjadi Kesalahan coba lagi nanti pelajari lebih lanjut", silahkan coba dan praktekan langkah-langkah diatas jika anda mendapatkan pesan error Terjadi kesalahan atau sejenisnya. Jika anda menemukan masalah baru atau merasa tidak paham, jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar dibawah ini. Silahkan share, like dan Cara Paling Ampuh Mengatasi Error Youtube "Terjadi Kesalahan coba lagi nanti pelajari lebih lanjut" artikel ini. Saya harap tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca semuanya dan dapat menjadi kebaikan untuk saya pribadi. Pastikan untuk tetap mengikuti Blog Kicauan Wong Cilik di artikel-artikel selanjutnya.

Saya cukupkan sekian, dan sampai jumpa.

Artikel Terkait

Cara Paling Ampuh Mengatasi Error Youtube "Terjadi Kesalahan coba lagi nanti pelajari lebih lanjut"
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

No comments:

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.