Saturday, August 17, 2013

Software yang digunakan untuk membuat Animasi Upin dan Ipin

Kicauan Wong Cilik - Upin dan Ipin , adalah sebuah film animasi yang cukup populer di berbagai negara asia tenggara khususnya di Malaysia dan Indonesia dan satu negara Asia-Eropa yaitu Turki. Film animasi yang bisa di bilang baru ini sudah mampu bisa menyihir para penonton khususnya kalangan anak-anak bahkan remaja dan orang dewasa. Kini animasi Upin dan Ipin telah ditayangkan di Disney Channel Asia.

Film animasi yang digarap oleh "Les' Copaque" ini sering di isukan bahwa sang Creatornya adalah orang Indonesia yang bersekolah di ITB(Institut Teknologi Bandung).



Banyak orang yang menanyakan kepada saya tentang software yang digunakan untuk membuat animasi Upin dan Ipin. Dari segi animasi hasil render saya simpulkan bahwa animasi Upin dan Ipin di buat dengan software dari salahsatu product dari Autodesk yaitu Autodesk Maya.

Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Selain Maya software-software yang digunakan untuk proser pembuatan animasi Upin dan Ipin ini adalah : Photoshop, After Effect, Software Audio Video, Software pengolah audio dan Plugin-plugin kecil.

Saya tahu bahwa animasi Upin dan Ipin dibuat menggunakan software Autodesk Maya karena saya pernah melihat Behind the Scenes atau proses pembuatan animasi Upin dan Ipin, walaupun hanya didalam video, tetapi saya mengenal betul software yang terlihat dikomputer produksi yang digunakan untuk proses Modeling, Texturing, Rigging dan Animation adalah Autodesk Maya, karena sebelumnya juga saya pernah menggunakan software tersebut. Dilihat dari tingkat kesulitan, proses penggunaan software dan hasil animasi ini sangat identik dengan animasi yang diolah menggunakan software Maya lainnya.

Sebuah alasan juga kenapa Les` Copaque menggunakan software Maya untuk software utama dalam proses pembuatan animasi(keseluruhan) adalah karena Maya lebih mudah digunakan dan Les` Copaque sudah berpengalaman dengan software ini sebelumnya (mungkin dalam pembuatan animasi yang tidak setenar Upin dan Ipin) yang juga diungkapkan oleh ketua perancang Les' Copaque - Fuad Md. Din.

Jadi sekarang kita lebih tahu, kalau animasi Upin dan Ipin dibuat dengan Software Autodesk Maya.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Software yang digunakan untuk membuat Animasi Upin dan Ipin
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

1 comment:

Anonymous said...

minta tutorial maya bahasa indonesia donk,,please

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.