Tuesday, October 10, 2023

Cara mengatasi Windows Defender tidak bisa dibuka di Windows 7, 8, 10 dan 11

Kicauan Wong Cilik - Windows Defender adalah program sejenis antivirus dan anti malware yang sudah secara bawaan terpasang pada sistem operasi Windows, fungsinya untuk mendeteksi malware dan virus lalu menghapusnya. Walaupun Windows Defender adalah program bawaan Windows, tetapi dalam hal kinerja Windows Defender dapat dikatakan cukup handal. Saya yakin alasan itu juga yang membawa anda sekarang ke artikel ini.

Pokok Permasalahan Pertama


Saya ingin melakukan scanning terhadap komputer saya menggunakan Windows Defender, tetapi saya malah menjumpai pesan error yang berbunyi seperti ini "Windows Defender is turned off by group policy"(lihat cuplikan dibawah).
Dan ya, saya harus utak-atik control panel untuk memecahkan masalah ini. Cara ini dapat dilakukan pada Windows 7, 8 dan 10.

Cara mengatasi Windows Defender tidak bisa dibuka karena "Windows Defender is turned off by group policy".

1. Buka run dengan menekan tombol Windows + R, ketikan gpedit.msc lalu klik OK (lihat cuplikan dibawah).


2. Lalu akan muncul jendela Local Group Policy Editor. Silahkan anda pilih Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components (lihat cuplikan dibawah).


3. Cari Windows Defender, lalu double click.


4. Double click pada pilihan Turn off Windows Defender.

4. Selanjutnya ubah menjadi Disabled. 


6. Terakhir, klik OK.

Pada tahap ini seharusnya masalah sudah dapat terpecahkan. Saya ucapkan selamat bagi yang sudah berhasil.


Pokok Permasalahan Kedua

Tidak selesai pada masalah pertama, masalah kedua pun muncul. Saya menjumpai pesan error lain seperti ini "Windows Defender has been turned off and isn't monitoring your computer" (lihat cuplikan dibawah).


Cara mengatasi Windows Defender tidak bisa dibuka karena "Windows Defender has been turned off and isn't monitoring your computer".

1. Masuk ke control panel, jika anda tidak tahu caranya silahkan buka Run (Windows + R) lalu ketikan "Control Panel", klik OK.
2. Setelah jendela control panel muncul, ketikan "Action Center" (untuk windows 7 dan 8), sedangkan untuk Windows 10 silahkan ketikan "Security and Maintenance".


3. Aktifkan Spyware and unwanted software protection dengan menekan tombol Turn on now.


 4. Selesai. Selanjutnya buka Windows Defender. Caranya klik Start lalu ketikan Windows Defender.

Akhirnya jendela Windows Defender pun telah berhasil dibuka.

Pokok Permasalahan Ketiga


Baru-baru ini saya menjumpai pesan error baru yang muncul walaupun jendela Windows Defender telah dapat dibuka. Pesan error yang muncul adalah "Windows Defender isn't monitoring Your PC because the program's service stopped. You should restart it now". Seperti itulah error yang saya jumpai.


Baiklah, tidak lelahnya saya memperbaiki masalah ini, seperti inilah Cara mengatasi Windows Defender isn't monitoring Your PC because the program's service stopped. You should restart it now".

1. Klik tombol start lalu ketikan "View local services", setelah ditemukan silahkan klik View local services yang berikon gerigi (lihat cuplikan dibawah).


Cara ini dapat dilakukan di Windows 7, 8 dan 10, hanya berbeda tampilan saja.

2. Setelah jendela Service terbuka, silahkan cari pilihan Windows Defender. Lalu double click (lihat cuplikan dibawah).


3. Pada bagian Startup type, ubah menjadi Automatic (lihat cuplikan dibawah).

 4. Terakhir, klik OK.

Silahkan buka kembali Windows Defendernya. Dan akhirnya, Windows Defender berhasil diaktifkan kembali.


Jika anda masih mengalami error walaupun telah mempraktekan langkah-langkah diatas. Kemungkinan terbesar yang menjadi penyebabnya adalah Antivirus lain yang anda install dalam PC anda. Misalnya anda sudah menginstall Antivirus Avast, Norton atau AVG. Cara untuk memperbaikinya yaitu dengan menguninstall antivirus tersebut lalu setelah benar-benar terhapus dari sistem, silahkan ulangi langkah-langkah yang saya jelaskan diatas. Anda dapat menginstall kembali antivirus setelah Windows Defender telah aktif. Tetapi perlu diperhatikan bahwa ada sebagian dari antivirus yang tidak bisa bekerja dalam waktu yang bersamaan dengan Windows Defender. Hal ini mengharuskan anda memilih untuk menggunakan program yang mana, Antivirus kah atau Windows Defender, terserah kehendak anda.

Oke, seperti itulah Cara mengatasi Windows Defender tidak bisa dibuka di Windows 7, 8 dan 10. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Silahkan like, share artikel ini, juga jangan lupa untuk berkomentar di kotak komentar yang telah disediakan dibawah. Tetap ikuti Blog Kicauan Wong Cilik dengan artikel-artikel bermanfaat lainnya. Terimakasih banyak.

Sekian dan Sampai Jumpa.

Artikel Terkait

Cara mengatasi Windows Defender tidak bisa dibuka di Windows 7, 8, 10 dan 11
4/ 5
Oleh

Berlangganan Gratis

Suka dengan informasi di atas? Tulis email kamu, nanti saya kasih tahu lewat email kalau ada informasi terbaru.

Silahkan berkomentar

No comments:

Post a Comment


Cara Berkomentar untuk yang anda yang tidak memliki Blog:
1. Klik "Select profile" lalu pilih Name/URL
2. Isi nama Anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook Anda
3. Klik Lanjutkan
4. Tulis komentar Anda dan klik publish
Form komentar ini tanpa moderasi dan verifikasi, kami harap anda tidak mengirim SPAM,Sara atau tindakan pelecehan lainnya

Dapatkan kunjungan balik ke website atau blog Anda dengan berkomentar dan Follow situs ini. Anda juga akan mendapatkan follower yang lebih banyak.